Antarmuka Komputer – Mikrokontroler

Antar muka Komputer
Antar muka Komputer

Mikrokontroler dapat digunakan untuk berhubungan dengan piranti lainnya, salah satunya adalah antarmuka dengan komputer.

Antarmuka ini dimaksudkan agar data yang diperoleh dari mikrokontroler kemudian dapat dihubungkan dengan komputer dan kemudian dapat diproses lebih lanjut, seperti penyimpanan ke database, menampilkan di layar monitor, atau di upload ke server lain di internet.

Ada beberapa terminal antar muka antara komputer dan mikrokontroler, antara lain melalui port paralel, port serial, usb, ataupun melalui card tambahan seperti PPI8255.

Dari beberapa teknik antar muka diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

1.  Antar muka melalui port paralel

Antar muka dengan menggunakan port paralel menggunakan komunikasi  paralel sebanyak 8 bit data dalam parelel port (port data) dihubungkan dengan 8 bit data dalam mikrokontroler. Sistem antar muka ini merupakan sistem antarmuka yang paling cepat diantara yang lainnya. Akan tetapi memiliki kekurangan yaitu membutuhkan jumlah sambungan yang banyak.

2. Antar muka dengan menggunakan serial port

Sitem antar muka dengan menggunakan port serial ini banyak digunakan dalam sistem saat ini. Dengan menggunakan sistem antar muka serial, port serial (UART) dari mikrokontroler dihubungkan ke konverter RS-232 kemudian dihubungkan ke port serial komputer.

Kecepatan transfer dari komunikasi ini bergantung pada baudrate dari komunikasi serial di antara dua piranti tersebut, kedua piranti tersebut, yaitu komputer dan mikrokontroler harus mempunyai nilai baudrate (jumlah byte per detik) yang sama, misal 1200,2100,19200, 115000, dll.

Misal baudrate 1200, maka komunikasi tersebut dapat mentransfer data sebanyak 1200 byte data dalam satu detik.

Sistem antar muka port serial ini banyak digunakan dalam sistem antarmuka saat ini.

3. Sistem antar muka menggunakan usb

Saat ini setiap komputer sudah dilengkapi dengan usb, serta sebagaian besar piranti tambahan komputer juga sudah menggunakan usb, usb saat ini sudah sangat populer untuk menghubungkan perangkat luar ke komputer, seperti transfer data atau gambar, dll.

Demikian juga dengan antar muka misalnya antara handphone dengan komputer juga menggunakan usb. Sistem antar muka antara mikrokontroler dan komputer melalui usb sebenarnya sama dengan antar muka melalui port serial. Jadi data serial dari mikrokontroler dihubungkan terlebih dahulu ke konverter serial – USB kemudian dihubungkan ke port usb.

Di dalam komputer port usb tersebut kemudian di kenali sebagai port serial baru. Jadi, program interface dalam komputer tersebut dapat menerima data tersebut sebagai data serial.

~ oleh dourangga pada 02/27/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: