Arsitektur Processor

CPU (Central Processing Unit) atau seringkali disederhanakan secara bahasa menjadi prosesor, merupakan komponen digital dari komputer yang menterjemahkan instruksi dari program komputer dan bertugas memproses data. CPU memperlengkapi komputer digital sehingga mereka dapat diprogram, dan CPU (bersamaan dengan media penyimpanan utama dan fasilitas input/output) merupakan komponen penting disemua masa perkembangan komputer. Sebuah CPU yang dibangun sebagai satu komponen terintergrasi dikenal dengan mikroprosessor (microprocessor).

Sebuah CPU dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda yang tidak akan melakukan hal yang operasi sama. Ada 2 unit dasar yang paling umum untuk CPU modern (misalnya Core 2 atau Athlon X2 atau Phenom x4). Patut diingat bahwa biasanya terdapat banyak jenis unit dalam satu CPU:
ALU (Arithmetic Logic Unit): tugas utama unit ini adalah dasar untuk melakukan operasi aritmatika dan logika, seperti penambahan, perbandingan, pergeseran, operator boolean, dll. Ini adalah unit tertua yang ada dalam CPU dan ia hanya dapat bekerja pada integers. Unit ini tidak banyak digunakan dalam FAH, namun ia digunakan dalam kriptografi atau algoritma kompresi.
FPU (Floating Point Unit): unit ini telah ditambahkan (pertama sebagai coprocessor) di 286 (287 coprocessor) dan 386 CPU (387 coprocessor) dan diintegrasikan kedalam CPU sejak 486. Unit ini melakukan operasi matematika lanjutan dan logika seperti perkalian, power, divisi, dll. Unit ini bekerja dengan angka floating point (yang paling biasa di dunia), dan dapat menggunakan single atau presisi ganda. Unit ini digunakan di berbagai aplikasi, seperti game (3D rendering) atau aplikasi multimedia misalnya. Dalam FAH, unit ini digunakan oleh Core Tinker, dan kini digunakan dalam Core Amber, atau Gromacs ketika pesan (yang menggunakan standar loops) dicetak.

CONTOH

32-bit dan 64-bit mengacu pada arsitektur processor.
Processor 32-bit artinya register-registernya (unit penyimpanan data terkecil di dalamnya) berukuran 32 bit.
Processor 64-bit artinya register-registernya berukuran 64 bit.
( Register-register inilah yang digunakan untuk melakukan macam-macam operasi. Misalnya c = a + b, maka register “eax” akan me-load nilai dari “a” (di memory), kemudian pada register “eax” ditambahkan nilai dari “b”, lalu “eax” ditulis ke memory pada posisi variabel “c” )

CORE 2 DUO


– Architecture: 65nm
– Memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak terdapat pada Core Duo seperti :

*Intel® Wide Dynamic Execution: Mengaktifkan dukungan petunjuk per jam untuk meningkatkan waktu eksekusi dan efisiensi energi.

* Intel ® Smart Memory Access:Meningkatkan performa sistem dengan mengoptimalkan penggunaan bandwidth data yang tersedia.

* Intel ® 64:Memungkinkan prosesor untuk mengakses jumlah memori yang lebih besar. Sesuai dengan 64-bit yang mendukung hardware dan perangkat lunak, berdasarkan platform Intel yang mendukung arsitektur prosesor Intel 64 yang dapat mengizinkan penggunaan perluasan virtual dan memori fisik.


Intel Core 2 Duo sendiri adalah generasi ke-8 dari jajaran processor dari Intel yang sudah memakai microprocessor dengan arsitektur x86. Arsitektur tersebut oleh Intel dinamakan dengan Intel Core Microarchitecture, di mana arsitektur tersebut menggantikan arsitektur lama dari Intel yang disebut dengan NetBurst sejak tahun 2000 yang lalu. Penggunaan Core 2 ini juga menandai era processor Intel yang baru, di mana brand Intel Pentium yang sudah digunakan sejak tahun 1993 diganti menjadi Intel Core.

Pada desain kali ini Core 2 sangat berbeda dengan NetBurst. Pada NetBurst yang diaplikasikan dalam Pentium 4 dan Pentium D, Intel lebih mengedepankan clock speed yang sangat tinggi. Sedangkan pada arsitektur Core 2 yang baru tersebut, Intel lebih menekankan peningkatan dari fitur-fitur dari CPU tersebut, seperti cache size dan jumlah dari core yang ada dalam processor Core 2. Pihak Intel mengklaim, konsumsi daya dari arsitektur yang baru tersebut hanya memerlukan sangat sedikit daya jika dibandingkan dengan jajaran processor Pentium

~ oleh dourangga pada 02/27/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: