Elektronika Dasar: Dioda

Dioda memiliki fungsi yang unik yaitu hanya dapat mengalirkan arus satu arah saja. Struktur dioda tidak lain adalah sambungan semikonduktor P dan N. Satu sisi adalah semikonduktor dengan tipe P dan satu sisinya yang lain adalah tipe N. Dengan struktur demikian arus hanya akan dapat mengalir dari sisi P menuju sisi N.

Ada beberapa macam jenis dioda, yaitu: dioda penyearah, dioda penyetabil/zener, dioda led/dioda lampu.

Dioda Penyearah


Dioda ini digunakan sebagai penyearahkan arus dari AC ke DC, Banyak digunakan pada rangkaian regulator atau rangkaian elektronik lainnya. Ukurannya ada yang 0,5 A, 1A, 2A, atau 5A. Untuk mengetahui ukuran ampernya biasanya di ketahui dari no seri.

 

Dioda zener


Dioda zener biasanya digunakan untuk menyetabilkan arus. Namun arus yang dihasilkan sangat kecil, sehingga dioda zener tidak akan mampu jika digunakan pada rangkaian power suplly untuk mensuplay amplifier.

Dioda LED


LED adalah singkatan dari Light Emiting Dioda, merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya. Biasanya digunakan sbagai indicator pada suatu rangkaian elektronik. Ada berbagai warna yang dihasilkan oleh led ini, dari satu warna, dua warna atau bahkan ada yang tiga warna

LED sering dipakai sebagai indikator yang masing-masing warna bisa memiliki arti yang berbeda. Menyala, padam dan berkedip juga bisa berarti lain. LED dalam bentuk susunan (array) bisa menjadi display yang besar. Dikenal juga LED dalam bentuk 7 segment atau ada juga yang 14 segment. Biasanya digunakan untuk menampilkan angka numerik dan alphabet.

~ oleh dourangga pada 02/27/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: