Modul Sensor Suhu LM35 Untuk Zelio Smart Relay

Beberapa tipe Zelio Smart-Relay dilengkapi dengan masukan analog 0-10V DC, salah satunya adalah Zelio SR3B101BD. Dengan adanya masukan analog, maka Zelio dapat menerima masukan tegangan analog dari transducer. Sehingga dengan demikian, Zelio dapat digunakan untuk mengontrol keluaran sistem berdasarkan kondisi analog dari suatu sensor.

Gambar disamping ini adalah Modul Sensor Suhu LM35 untuk Zelio maupun PLC yang siap-pakai. Modul ini memiliki tegangan keluaran 0-10V untuk range pengukuran suhu 0°C – 100°C. Modul ini membutuhkan tegangan suplai antara 12-24V DC. Oleh karenanya sangat cocok untuk digunakan bersama Zelio Smart Relay.

Modul Sensor Suhu LM35 ini bisa digunakan untuk aplikasi seperti pengontrol suhu ruangan, pengontrol suhu rumah kaca, ataupun untuk eksperimen di laboratorium.

Berikut adalah contoh program Zelio SR3B101BD yang berfungsi menampilkan suhu pada display Zelio dan melakukan kontrol yakni menghidupkan relay ketika suhu lebih dari sama dengan 50°C.

Gambar diatas adalah hasil simulasi ketika suhu 29°C. Output Q4 masih OFF.

 

Gambar diatas adalah hasil simulasi ketika suhu 50°C. Output Q4 berubah menjadi ON.

IB-IE adalah masukan analog dengan ADC 8-bit yang mengubah masukan analog 0-10V menjadi digital 0-255. Komponen GAIN dalam program ini berfungsi mengkonversi (mapping) data 0-255 menjadi 0-100°C. Dan sebagai komparator digunakan komponen COMPARE dengan masukan konstanta numerik 50. Program juga menampilkan data suhu pada display Zelio.

Contoh program tersebut dapat Anda download menggunakan link berikut ini.

Zelio Analog 0-10V

( 2,28 kb )

Modul Sensor LM35 untuk Zelio ini tersedia dalam bentuk rangkaian jadi dan layout PCB siap-cetak. Jika berminat silakan mengunjungi situs: http://telinks.ds4a.com. Modul dilengkapi dengan skematik beserta penjelasannya dan cara pengkalibrasian. Selain itu modul juga dilengkapi dengan contoh aplikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Modul ini juga dapat diaplikasikan untuk sistem berbasis mikrokontroler, baik untuk sistem berbasis mikrokontroler AT89S51 yang dilengkapi dengan rangkaian ADC, atau sistem berbasis mikrokontroler AVR.

Selamat belajar!

~ oleh dourangga pada 02/27/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: